Pages

Minggu, 30 April 2017

[Bangkok] Random Bangkok's Activities?

Hello again blog!
Langsung aja,

Okay, People

For the people I guess its similiar to Indonesia, well, ga cuma ekonomi nya tapi emang orang-orangnnya mirip Indonesia. Mereka juga cinta negaranya, seperti pada post sebelumnya, "Proud to Nation" yang mungkin bikin mereka engga terlalu bisa Bahasa Inggris. Denger bahasanya sih lucu, walaupun ada cogan depan gue pas nunggu konser tapi pas ngomong Thai jadi berasa pengen ketawa. Aksennya khas banget!

Terus, ladyboy -- memang umum disini.
Gue sama kakak gue selalu main tebak-tebakan kalo lagi nunggu bis/kereta

"Tebak mana yang cewek beneran, mana yang boongan"

dan yah, gue jadi makin mahir mana yang cewek beneran, mana yang trans! Mereka yang transgender rata-rata masih punya badan bidang dan bahu yang lebar, belum lagi betis yang besar itu mudah banget di liat. Belum lagi ada yang dandanannya cewek banget, suaranya ngebass khas cowok.

Nah, ini toiletnya. FYI para transgender mesti tetap masuk ke toilet sesuai gender aslinya dan gue sempet shock pas masuk toilet cewek ada cowok lagi ngantri toilet, you know......gue kira gue salah masuk, gataunya emang trans :") Belum lagi banyaknya cewek-cewek kayak mi**a the vir*** itu, jadi banyak cowok cantik atau cewek yang...begitulah. Sempet shock juga pas liat dijalan ada 2 cewek lagi gandengan, tapi yang satu kayak cowok....semacem Culture Shock.

Tapi, orang-orang disini gue liat jarang ada yang ngerokok. Bahkan kalo di bis yang kayak kopaja itu aja jarang banget yang ngerokok, anak muda nya jarang gue liat ngerokok dan nongkrong gitu jadi kalo lo cewek mau jalan-jalan sendirian di Bangkok bakal aman-aman aja kok karena emang gue jarang liat preman juga disini.

Surprise disini banyak muslim yang kerudungan........TAPI PAKE BAJU LENGAN PENDEK. I don't know why but harusnya mereka pake manset kan? Lucu aja liatnya kalo di Indonesia banyakan kerudung poni, kalo ini kerudung baju lengan pendek.

Transportasi Umum Bangkok
So, semua bener-bener dalam bahasa thailand ga ada bahasa Inggris sekalipun (cuma ditempat-tempat turis biasa nongkrong adanya). Bahkan pake google translate-pun suka bingung karena kita mau artiin sesuatu dalam bahasa Thailand, tapi gatau cara nulisnya. Beberapa kali juga pake google translate mereka engga gitu ngerti...yah sama aja kayak kita sih.

Naik Bus Lokal di Bangkok
Informasi di Google Maps itu akurat kok 90% lah ya. Gue naik transportasi umum di sini cuma ngandelin Google Maps, disana udah tertera bis nomor berapa, turun dimana, ntar naik lagi dimana, berikut dengan nama terminalnya. Karena kalo mau naik bis harus tau bakal turun di terminal mana, ga kayak kita di Indo, cuma bilang kiri-kiri.

Belum lagi, kenek disana itu pada rapi pake seragam loh, bahkan banyak yang cewek beneran.
Cuma, gue sama kakak gue sempet bingung turun di terminal mana, jadi kita cuma sebutin landmark deket situ atau tunjukin terminalnya di Google Maps.

Harga naik bus lokal kalo yang ga AC max 10 Baht/orang (Rp 4.000), kalo yang AC max 20 (Rp 8.000) Baht/orang tergantung jarak nya. Nah, emang sih agak mahal dan disaat-saat gini gue ngerasa Jakarta beruntung banget punya Transjakarta yang cuma Rp 2500 perak mau jauh-deket asal ga keluar terminal dan bis nya AC semua!

Mudahnya naik bus lokal di bangkok itu karena kita cuma perlu liat nomor bus nya, nomor nya dah ada di Google Maps jadi kita tinggal naik aja yang nomornya sama. Di Google Maps juga ada pilihan alternatif lainnya. Cuma, naik bus lokal ngelewatin daerah macet! Udah naik bis kayak kopaja, panas, macet pula, sama aja kayak Jakarta.

Naik Skytrain di Bangkok
Skytrain/BTS ini masalahnya jalurnya ga panjang, Engga kayak kita dari pinggiran kota Jakarta aja bisa langsung turun di tengah kota. Kalo ini rata-rata pendek banget jaraknya jadi suka susah kalo mau naik BTS kemana-mana, lebih enak naik bus. Tapi kalo emang tujuannya searah naik BTS mah, kenapa engga? Karena Bangkok macetnya itu super parah.

So, naik BTS, seperti biasa di Google Maps udah ada tempat kita harus turun di stasiun mana aja, jadi kita tinggal bilang ke mbak-mbak loket nya mau ke Line mana. Misal, dari Chatuchak Park mau ke Siam Paragon, turunnya mesti di Chiang Mai yang berada di Chitlom Line. Yang kita bilang ke mbak-mbaknya itu Chit Lom, bukan Chiang Mai nya. Terus dikasi tiket, dan kayak di Jakarta aja sih.

Sebenernya bisa beli di mesin, tapi harga tiket BTS itu 40 Baht/orang (Rp 16.000), males juga kan nyari-nyari koin segitu banyaknya? Padahal koin Baht rata-rata 1 Baht - 10 Baht aja. Well, emang sih mahal, tapi kalo dibandingkan sama KRL nya Jakarta, sama aja kok. Cuma kereta api nya lebih baru, kalo dalem nya sih sama aja hahahaha! dengan harga yang lebih mahal berkali-kali lipat hiks.

Bersyukurlah guys di Jakarta transportasi umumnya murah, Bangkok yang 11-12 sama kita aja masih lebih mahal!

Uber/Grab
Gue lebih banyak naik Grab sih karena lebih murah, walaupun pas lagi high fare itu harganya sakit banget. Tapi kalo naik Grab, mereka rata-rata ga lewat jalan umum yang super macet itu jadi lebih nyaman dan ber-AC!

Pertama kali naik Grab itu dari Bandara Suvharnabhumi (Idk how to spell it) ke daerah Ramkhamhaeng -- Hotel gue. Nah, itu aja sekitar 200 - 300 Baht (Rp 80.000 - Rp 100.000) yang padahal masih jauhan dari rumah ke Soeta. Sopir disini engga banyak ngomong, ga kayak kita yang hobi ngobrol. Mungkin ga bisa bahasa Inggris kali ya, cuma mobil Grab disini itu bagus-bagus!

Ada harga ada mutu lah ya,

Gue pernah naik Mazda 2, Corolla Altis, Ford Focus, dan sisanya gue lupa. Mayan banget kan?

Nah, grab disini juga engga terlalu banyak jadi butuh waktu nunggu lumana 10 - 15 menit karena jalanannya itu...macet dan ga bisa bahasa Inggris jadi kita cuma komunikasi lewat Chat.

See ya, nanti bakal ada lagi cerita lainnya.

Bye! XOXO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar