Pensiun

by 23.18 0 komentar
Hello blog! How's life? Dah berbulan2 ga kesini kangen juga {} finally I've passed the hectic life in university yay! Sisa 6 sks selesaiin laporan magang.

Well, setelah 4 semester berturut-turut jadi aslab, pas nganggur (magang) gini mulai ngerasa there's something missing in my daily life. Perbedaan mencoloknya, kalo pas magang individualis dan ga banyak komunikasi dengan anggota divisi lain tapi jadi aslab seengganya kerja yang banyak komunikasinya and i miss it. Bahkan menurut gue magang masih lebih santai dibandingkan tugas panitia, mungkin kepanitiaan memang 'sengaja' overworked biar bisa menghadapi masalah di luar 
kegiatan belajar tapi realitanya too much overworked.

Cerita singkat kehidupan magang, kalo pas panitia gue bisa kerja lembur sampai jam 11 malam atau weekend, tapi pas magang bener-bener cuma kerja senin-jumat and office hours. Surprise jadwal yang berubah drastis membuat gue sedikit shock karena banyak waktu luang dan jadi ga berasa lagi magang.

So! Tema kali ini adalah aslab, fyi aslab (asisten lab) itu sama kayak asdos (asisten dosen) cuma yang ngajar mahasiswa yang belum lulus.

Pas awal masuk kuliah (tahun 2014) engga ada kebayang dapet IPK 3.5 atau jadi asdos, pas dulu cuma mikir kuliah mesti gives 150% untuk dapetin hasil yang maksimal, gue tau gue ga bisa teori kalo max nilainya 70 yasudah gue ga akan menyesal. Tapi kalo gue tau matkul MatBis (itung2an favorit) bisa dapet A instead gue dapet B gue bisa nangis sendiri :") belum lagi aslab pertama yang ngajar kelas gue punya IPK 3.95, makin ga kepikiran jadi aslab.

Surprisingly, IPK gue di awal-awal semester lumayan bagus dan gue liat open recruitment untuk aslab dan kriterianya mencukupi. Agak sanksi karena ini kampus yang ideologinya beda banget sama agama gue jadi rada pesimis bisa masuk, namun ternyata bahkan koordinator aslabnya muslim dan dia juga pernah ngajar di kelas gue! Yah seengganya open recruitment ini benar-benar objektif.

Saat itu langsung kirim CV, interview, dan test microteaching dimana gue ketemu kepala aslab, koordinator aslab, dan asisten koordinator aslab. Surprise lagi, kepala aslabnya masih muda bahkan gue bingung harus manggil cici atau ibu (ternyata masih cici2 kelahiran tahun 90). Well, sebelumnya gue memang ada experience tutorin temen-temen sekelas & adek kelas untuk uang jajan tambahan jadi pas tes micro teaching berasa lagi ngajar mereka. (walaupun ngasi soal nya rese sih, gue tau itu koornya juga ga bisa kerjain AHAHAHA)

Lalu pengumuman dan gue ternyata masuk! Skipskip ke kelas pertama, pas masuk ke kelas gue nervous setengah mati ngomong didepan 30an anak, rese-rese, dan gue harus menjaga suasana biar mereka dengerin gue! Untungnya, kelas itu banyak anak-anak yang udah gue kenal saat gue jadi tutor jadi tenang.

I. KELAS

Gue mulai ngajar kayak biasa dan bahagia pas mereka bilang cara ngajar gue jelas banget bahkan dibandingkan dengan dosennya. Namun betenya, pas ke kelas mereka jadi belum tahu apa-apa dan gue harus jelasin semuanya dari awal :))

Trik kelas gue begini, setiap hari ada tugas (catet jawaban dari latihan soal) yang sudah dibahas dan gue cek. Karna udah dibahas jadi jawabannya pasti bener semua dan otomatis nilai KAT mereka jadi 100 semua. Tapi tetep aja ada yang males banget buat nyalin jadi nilainya 0. Lalu gue kasi tambahan poin untuk UTS/UAS kalo ada anak yang aktif seperti maju kerjain soal (gue bantuin tetep). Seengganya pas gue nanya ada yang mau maju/engga ada yang mau jadi ga krik 

II. KUIS

Di SAP ada keterangan bahwa aslab wajib ngasi kuis ke anak-anaknya. Mulailah gue bikin soal dan kasi kuis ke mereka tapi sangat ga efektif karena mereka nanya-nanya, coba nyontek, dll. Belum lagi gue mager juga periksanya AHAHAHA karna mereka banyak yang diem-diem nyontek jadi keburu bete duluan. Akhirnya next kuis gue ga bikin lagi macem ulangan, tapi dibawa pulang cuma soal-soalnya gue banyakin.


III. UTS/UAS

Okay, ini mungkin bagian favorit gue saat jadi aslab karena powernya saat ngawas. Well, memang banyak anak kampus gue yang sering nyontek apalagi pas ujian aslab mereka 'menggampangkan' aslab yang ngawas dikiranya lebih mudah untuk nyontek. Belajar dari pengalaman itu gue jadi strict ke mereka. Gue jadi berasa punya eagle's eye. Parahnya lagi, kelas yang gue awas pertama kali memang kelas yang paling bandel dari 1 angkatan.

Pas sebelum ujian mulai, gue selalu ingetin mereka 

"Tidak ada handphone di saku jaket, kotak pensil, atau saku celana. Semua tas ditaro di depan. Kertas coretan ga ada yang dicopot. " 

Well, karna kelasnya rese jadi gue yakin pas ada aja yang tetep bawa. Selama ngawas, gue sengaja ngedarin tanda tangan kartu ujian pertama kali jadi tenang ngawasnya.

Pas ngawas,

1. Cek saku kantong
gue bener-bener ngecek saku kantong mereka, yang cowok2 keliatan banget di saku nya ada bentuk kotak, entah dompet/hp gue suruh keluarin dan ditaro di meja gue. Yang cewek2 pas jaket kalo keliatan ada berat, gue suruh keluarin.

2. Cek kotak pensil
ini biasanya cewek2 bawa kotak pensil gede atau pouch buat taro hp, gue suruh buka dan Kali ada hp nya ditaro di meja gue.

3. Tersembunyi
ada yang duduk di belakang tembok pojok, memang di sakunya ga ada tapi gue tetep curiga sampai dia ke toilet, karna mukanya melas gue ijinin ke toilet, pas balik gue ga lepas ngawasin dia dan bener aja dia dapet contekan pas ke toilet, langsung gue ambil dan robek. Ada lagi yang hp nya super tipis ditaro dibawah dompetnya di meja (entah ini super bego atau pintar) gue sadar ada gap nya, gue datengin mejanya dan ternyata itu hp, gue suruh taro di depan.

4. Nanya-nanya/nyontek
okay, ini yang paling nyebelin sih, dibilangin berapa kali ini anak2 ga ada takut2 nya sampai akhirnya gue tarik paksa lembar ujiannya karena udah kebanyakan nanya. karena yang dicontekin kasian melas gitu. Sebelumnya anak yang nanya2 ini dah gue pindahin tempat duduknya biar ga nyontek tapi tetap terang2an nyontek jadi gemes juga kan?!

belum lagi ada yang nyocok2in jawaban, gue sampai bilang "sekali kamu nanya, saya ambil dan laporkan ke aslab kamu."

ada trik lainnya, ada 1 anak yang nanya ke gue (dibuat2) jadi yg lain bisa nyontek, trik gue adalah gue ga menerima pertanyaan apapun kecuali memang ada ralat.
pernah juga nangkep yang terang2an nyontek padahal dia duduknya di depan gue (bodoh banget sih), pas itu aslab dia adalah temen gue yang memang strict banget (lebih strict dari gue) dan anak ini nangis

NANGIS


gue shock dong ini anak ditarik lembar ujiannya nangis menyesal gitu dan jadi ga tega, akhirnya gue nanya ke aslab nya, 

"Gus, ini anak lo ada yang nangis pas ketauan nyontek, gimana nih?"

tapi dengan dinginnya dia bilang 

"bodo amat salah sendiri, suruh keluar aja sekarang anaknya" 

dari poin di atas, gue cerita ke temen aslab gue kayak gitu dan mereka bilang...

"anjir lo galak banget. Kelas gue nilainya jelek-jelek kalo lo yang ngawas HAHAHA"

pernah juga gue ngawas kelas yang dulu pernah gue ajar, mungkin gosip gue kalo ngajar baik tapi pas ngawas galak dah kesebar sama mereka jadi ada yang baru mulai 15 menit udah give up ngasi lembar jawabannya ke gue sambil bilang 

"ci aku nyerah mau kumpulin aja boleh ga?" 

:))

Jarang banget gue 2 jam ngawas bisa duduk anteng karna keliling2 terus.


IV. PENGALAMAN ASLAB LAIN TENTANG KELAS GUE

Jadi pas dikelas anak-anak gue ya gitu lah suka ngobrol berisik (kalo ga gue ancem minus di UTS/UAS susah ngontrolnya) tapi ada aslab lain yang bilang kelas gue anteng wow!
Cuma kelas yang terakhir gue ajar, pengawasnya sampai chat ke gue 

"Dhan anak lo bandel2 banget ini gue harus ngapain biar mereka diem?!?!" 

Well, mereka memang aktif banget kalo di kelas gue... in a good way tapi gue ga nyangka mereka jg 'aktif' pas ujian. Temen gue itu sampai frustasi karena di ancem apapun ga ada takut-takutnya. FYI dia cantik (finalis ambassadors of uph) dan koordinator aslab pas itu. Tapi di awas sama koor cantik kelas gue tetap bandel :")

Besides all suka duka, tetap seru ngajar yang umurnya cuma beda 1-2 tahun dari gue karna berasa ngajarin teman, bahkan dikelas gue pernah ada temen SMA gue and it's super awkward.
Selalu senang ngeliat hasil feedback ngajar yang menurut gue lumayan baik2 mereka ngasi nilainya antara 5/7 sampai 6/7 yuhuu. Belom lagi pas liat komennya (feedback ini berasa dudu) ada juga yang aneh2 sampai ada yang murid sesama muslim bilang gini 

"cicinya baik bolehin aku keluar kelas duluan biar aku bisa sholat jumat" 

(pas itu jadwal kelasnya bentrok sama jadwal sholat jumat)

kesenangan lainnya pas ngecek jawaban UTS/UAS. Tapi paling hilarious pas ngecek jawaban UAS, mungkin karena sudah tau di kelas dosen ga ada harapan dapet C- (minimal kelulusan) jadi mereka mau naikin nilai di kelas aslab dan banyak yang ngasi 'surat cinta' ke gue kayak 

"ci maaf ya aku cuma bisa kerjain 2 nomor, tolong lulusin ya ci" 

V. AFTERMATH

Well, dengan pengalaman itu gue jadi mikir untuk jadi dosen kedepannya tapi part-time karna ga mau aja kalo jadi full time AHAHAHA. At least gue bisa komunikasi dengan orang banyak sekaligus, belajar nanganin orang dengan berbagai personality, encourage mereka biar rajin, dll. Ada beberapa anak murid gue dulunya sampai sekarang masih aktif ngobrol sama gue ngomongin hal ringan sampai ada yang minta ajarin.

sedikit cerita, ada anak gue yang masih sering nanya soal2 hitungan padahal gue dah bukan aslab mereka karna menurut mereka cara ngajar gue enak dan gampang ngerti itu jadi kepuasan tersendiri :")

Terakhir, gue dipercaya jadi asisten koordinator aslab yay! Sayang gue ga liat pas proses interview, tapi berasa banget power yang lebih tinggi disini, pas UAS gue keliling kelas2 untuk ngasi tau ada ralat atau soal yang ga jelas. Belum lagi dah ga disuruh bikin soal ujian lagi yay!

Kesenangan lainnya adalah, setiap abis UTS para aslab pasti makan2 dengan hasil profit penjualan modul. Awalnya gue mikir, makan2 untuk 25an aslab emang profit penjualannya sebanyak itu? Pertama di imperial dimsum, lalu aslab2 baru (kayak gue) mulai kurang ajar minta ke pizza e birra ke ketua aslabnya (walaupun akhirnya ke pizza hut) dan pas di pizza hut yang pas itu ada diseberang pizza e birra, kita sambil ngeledek,

"Ci, kita kayaknya kita salah tempat makan pizzanya harusnya makan pizzanya di seberang!" 

cici ketua aslabnya cuma bisa ngomel 

"ya lagi lu suruh anak lu ilangin modul aslabnya dong biar beli lagi!"

habis pizza e birra hut, akhirnya makin kurang ajar aslabnya minta di Shaburi! AHAHAHA ketua aslab gue sampe bilang 

"ini pengganti ketua aslab gue pasti shock pas jaman gue makan2nya di Shaburi." 

well memang kita nombok tapi ga banyak, kapam lagi makan Shaburi cuma 50rb? :))

setelah itu karena modul lab profitnya mengurang hiks jadi kita delivery pizza hut, tapi sekarang deliv pizza hut pas setiap rapat dan ada donut jco juga AHAHAHA. Senior gue yang aslab dulu sampe shock karna pas semester ini tiap rapat selalu ada makanan biasanya cuma habis UTS aja.

Okay, selain makan-makan, ketua aslab gue ini super bawel tapi seru (?) yang ditunggu pas makan-makan adalah gosip kampus gue dikalangan dosen AHAHAHA karna kapan lagi dengerin gosip yang langka ini  sampai ada kasus di kampus gue jadi banyak isu yg beredar dan akhirnya pas makan2 dibahas deh fakta aslinya gimana dan ini seru banget!

Ga nyangka jadi sepanjang ini, well unexpected experience yang ternyata jadi seseru ini. Ga harus jadi  pinter banget untuk jadi aslab (asdos) yang penting kemampuan ngajarnya dan kontrolnya 
bye blog! Finally we've reached the end of my university journey. Oktober akan sidang dan doakan ya!

Farahiya (R) Adhani

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar: