Pages

Sabtu, 10 Maret 2018

Intern in Non-Profit Organization

Hello guys! How's life? Happy new year telat 3 bulan and first post in 2018!!!

So, in the beginning of the year dimulai dari unexpected intern experience yang masuknya juga jackpot dan bener2 surprise. Keterima di.............salah satu anak organisasi UN (PBB) as a graphic designer pula, unexpected banget :")

Awalnya tau info ini dari senior di UPH yang open recruitment lewat LINE langsung dicantumin pula email .undp.org brarti langsung ke staff nya dan ga lewat HR yang bertele-tele, surprise kepilih!! Padahal pas itu portfolio cuma dr ISL Season 9 dan Ambassadors of UPH yang banyak,

for more info about my portfolio : behance.net/farahiyahadani

Skipskipskip langsung mulai,

pas baru masuk, di meja tertulis "Welcome Aboard Farrahiyah", Senang banget because I don't expect something like this :")

Okay skip the experience,

Job Desc.


Expectation : Bakal kayak graphic design di organisasi-organisasi kampus biasanya, misalnya untuk tema Pre-Event, gue harus bikin standing banner, umbul-umbul, triangle banner, poster A3, poster persegi 4, poster IG 3 buah, spanduk yang harus selesai dalam waktu seminggu

Realita : Dikasi kerjaannya bertahap, mulai dari bikin infographic (waktu 2 hari), terus standing banner (satu minggu), introduction (2 hari+), design ppt (1 hari), poster (2 minggu+)

like disini dah mulai kerasa....kalo ternyata di organisasi kampus itu bener-bener workload berasa lebih banyak daripada disini, unexpected lagi.

Organisasi Kampus : Rapat dari jam 5 sore bisa sampai jam 9 malam, rapat divisi lebih pendek tapi tetap lama.

Non-Profit Organization : Rapat maksimal 1 jam, bahkan sama petingginya aja cuma 1 jam untuk update divisi dan ga bertele-tele abis update dia langsung kasi masukan and done.

padahal stepnya sama, divisi internal dulu baru kita presentasiin ke atasan tapi lebih efisien. Its like...you should update what I told you to update . Jadi kita bisa siapin diri apa aja yang mau di update, kalo organisasi kampus kadang baru kepikiran mau update apa pas dah rapat, ya gak? ngaku!

Gap


Expectation : bakal ada jarak dengan atasan secara ini organisasi gede, gue yg cuma anak magang bisa ngapain?

Realita : no, there is no such a gap! 

Awalnya gue tau ini karna Miss F, sering banget dateng ke ruangan divisi gue untuk bahas sesuatu, gue kira karna dia yang dateng ke divisi gue berarti mungkin dia ekspatriat yang lagi kerja aja disini

gataunya

dia wakil direkturnya

....so disini, kalo lo butuh sesuatu tetep lo yang samperin, mau lo direktur kek, wakil direktur kek, lo tetep harus jalan nemuin orang divisi dan ngomong sendiri. Kalo pas organisasi dulu, jarang banget lo bisa intouch sama petinggi BOD di organisasi, apa juga yang mau diomongin ya ga?

Kalo di organisasi rata2 gini : BOD > Ketua Acara > Divisi, vice versa. Lo kalo mau ngomong sesuatu ya lewat ketua acara, kalo disini lo bisa aja langsung ngomong ke BOD nya.

Yang gue suka disini, pas ada Gempa 23 Januari kemarin, ga ada perlakuan khusus untuk BOD nya, semua ikutin prosedur yang ada, ga ada tuh yang namanya BOD di 'spesialkan'. Tapi memang yang paling gue suka ya itu, lo bisa talk casually with the BOD. Bahkan saat rapat, meskipun lo anak magang kalo emang ada ide ya lo boleh speak up.

Relations


Expectation : I'm just gonna be here for a while, gue engga berharap orang-orang bakal bisa deket sama gue...karna gue juga adaptasinya lama ahahaha

Realita : They are so humble! Bahkan bos gue dan tim selalu bilang,
"selamat pagi, apa kabar?"
"tadi naik apa? macet ga?"
"any plans for weekend?"
"lets have lunch together"
"have a great weekend"
"hati-hati di jalan"

dan semua melakukannya setiap hari

SETIAP HARI


This simple greetings just make your day brighter,

Gue merasakan itu saat gue mulai kerja disini, saat gue dateng jarang banget ada yang bilang "pagi", semua begitu dateng langsung duduk dan kerja. Mungkin pengaruh organization culture juga kali ya.

Belum lagi pas disini, bos gue sering banget ngajak setim makan bareng, biasanya dia kepo nanya-nanya kayak "yang interview kemaren dah ada kabar apa?" "hobi kamu apa?" just like they want to know you better personally.

Gift


Expectation : -

Realita : Saat gue keluar, mereka kasi hadiah ke gue.

Ini ga ada ekspektasi sama sekali dan kebetulan hadiahnya adalah barang yang emang gue pengen!! Jadi ceritanya hadiah baju ini gue sempet bilang ke deskmate gue sesama intern, "Gy, ini kaos disney nya lucu banget ya yang Dumbo, yang beauty and the beast jg keren banget ya" dan ternyata dibeliin, ILY Guys,

Gue sangat ga nyangka yang cuma anak magang dapet appreciation dan perlakukan kayak gini karna gue seneng banget!!!

So this is wrap for my experience,

Minusnya cuma karna capek dan jauh jadi sulit banget buat berangkat karna tau i will spent hours just to be there and exhausted when I'm going back home.

Coba kalo kantornya di BSD, mungkin gue bakal mau perpanjang masa magang :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar