Pages

Rabu, 08 April 2020

Journey of being a Pianist - Prelude

Hi blog! How's life? Sekarang udah banyak yg WFH karna Pandemi Corona. Awalnya emang niat gue untuk bikin semacam seri perjalanan gue jadi anak les piano. Karna kalo diinget-inget panjang juga ya perjalanannya. Jadi ini semacam guide dengan selipan curcol ahahaha

Niat lainnya sebenarnya, pas dulu gue ngajar piano kayaknya banyak orang tua yang bingung kayak gini,
1. "Gue mau anak gue bisa jago piano, tapi ambil sertifikat apa ya" 
2. "Yang penting bisa main piano deh" 
3. "anak gue diles in piano biar ada kegiatan" 

Buat tipe pertama, biasanya ortunya ambisius (macam nyokap gue sayangnya :")). Well there's nothing wrong with ambitious its just makes a burden to the child hahahah. Nah untuk ini biasanya ada beberapa sertifikat :
1. Yamaha
2. Royal/ABRSM
3. Trinity
untuk sertifikat trinity ini gue baru tau setelah kuliah kayaknya karna selama gue les paling terkenal sertifikat ABRSM dan Yamaha. Untuk Trinity ternyata sama global nya dengan ABRSM. 

Okay dari Yamaha dulu, dulu gue juga anak yamaha dari umur 4 tahun sampai 16 tahun (OMG ITS 12 YEARS). Menurut review seorang murid yang les selama 12 tahun, untuk belajar soal composition, arrangement, theory, dan performances memang bagus banget. Kalo ga karna les disini mungkin gue ga akan pernah tau soal composition dan arrangement. 

Cuma masalahnya adalah paket yamaha itu memang banyak, dan kalo lu mau anak lu jago... ambil semuanya :) its really worth tho
1. Kelompok Musik
Kelompok musik ini biasanya dimulai dari umur 4 tahun sampai lulus kira2 umur 10-11 tahun. Dulu namanya KMA (Kelas Musik Anak), JMC (Junior Music Course), JAC (Junior Advanced Course), dan AXC (Lupa ini singkatannya apa). Setau gue sekarang namanya jadi JMC tok dan untuk KMA jadi Music Wonderland CMIIW. 

Menurut gue buat ortu yang ga punya basic music memang cocok dilesin ini dulu dari kecil. Karna gue dulu suka banget bermain sambil belajar gitu ahahah. Nanti mulai JAC dan AXC dah mulai diajarin Composition, Arrangement, dan Transpose. Nanti gue bakal bikin lebih detailnya di post lain.

2. Piano Course
Nah ini yang biasa dibilang orang-orang "Piano Privat" gitu. Ini pure classical piano. Lesnya dimulai dari umur 6 tahun. Inget banget baca not di piani course itu lebih advanced dari JMC. Jadi memang fokus untuk baca not (hey, baca itu ga gampang ya!) Nah untuk jangka waktu belajarnya ini ga bisa diitung fix kayak Kelompok Musik. Karna dari beberapa guru sebelum gue, kalo lu mau cepet lulus maka lu ga akan explore musik yang banyak. 
Tapi kalo lu explore musik banyak ya... bisa aja lu 14-15 tahun bahkan lebih baru kelar. 

Tapi tenang, untuk yang demen explore musik itu lu bisa skip kok gradenya. Seperti gue yang stop di Grade 7 dan fokus ke Master class & electone course. Well pas itu gue banyak explore lagu electone dan non classic. Trs pas gue mau ambil grade 5 (advanced grade) gue ga ada masalah untuk baca not karna dah biasa baca buku electone & fake book. Bahkan dulu guru les piano gue bilang kemampuan baca gue termasuk cepet padahal di electone aja baca bukunya setengah mati. 

Jadi sarannya yang mau ambil course ini, cari guru yang pengalamannya banyak. Ntah pengalaman lomba atau pengetahuan musiknya banyak. Karna kalo mereka kasi lagu2 diluar pelajaran yang levelnya sedikit lebih susah (biasanya lagu konser) grade lu bakal otomatis naik kok. Ohiya tapi jangan lupa juga cari guru yang bener2 ngerti basic pemanasan. Sering kali gue nemu guru yang skip pemanasan kayak Scale, Arpeggio, Cadence, dll. Bahkan mereka pelajarinnya sebelum ujian doang, duh. 

Because the techniques is all in here, fellas! 

3. Electone Course
Sebenarnya alat musik ini dimonopoli sama Yamaha. Tapi apadaya, main electone itu asik! Gue baru mengenal piano saat umur 11 tahun setelah gue lulus kelompok musik. Saat itu gue langsung loncat grade 7.

Disini juga lagu yang dibawa bukan lagu classic, tapi ada lagu disney, anime, west, jazz, dll. Disini awal mula gue jadi disney dan ghibli addict. Well, guru gue juga berpengaruh besar sih dalam hal ini karna seleranya cocok sama gue. 

Awalnya gue les ini karna ditolak audisi masterclass pas pertama. Guru AXC gue saranin untuk ambil electone karna explorasi musiknya luas dan benar aja. Lu bisa belajar segala alat musik disini, gimana cara main suara terompet, strings, perkusi, dll. You treat piano's/electone's tuts as an instrument. 

Kalo ada yang bilang main electone itu ga seribet klasik kalian salah besar. Ribetnya karna ada 16 tipe suara yang berarti ada 16 style musik yang harus diselaraskan dengan mood lagunya! Tapi itu yang menurut gue asik sih, gue bisa masuk kedalam lagu karna suara yang gue hasilkan benar2 pas dengan aslinya.

Les disini bisa mulai dari umur 6 tahun.

Ohiya jadi sebenarnya kalo anaknya dah ikut Kelompok Musik, nanti gurunya akan nyaranin si anu mending tambah les piano atau ke electone. Cuma dulu pas jaman gue sih ke piano semua karna electone belum sebeken itu. Tapi kalo punya duit sih ya 3 3 nya dimulai dulu, nanti liat si anak demen yang mana baru les itu. Atau mungkin bisa kayak gue les electone SETELAH Kelompok musik jadi biaya ga berat. 

Oke untuk yang tipe kedua dan ketiga gue gabung aja ya. 

Well, jujur aja sih menurut gue tipe yang ketiga ini yang paling repot karna biasanya anaknya engga niat/ga suka piano tapi tetep di lesin. Belum lagi ortu nya ga disiplin nyuruh anaknya latihan. 

Padahal kalo dibilang rajin juga dulu gue jarang banget latihan hahahaha gue juga suka heran dulu gue jarang latihan aja bisa explore banyak sekarang. Walaupun mungkin menurut expert/guru-guru gue dulu gue termasuk lambat, tapi at least gue sadar sekarang gue ga selambat itu. 

Well, ngerti minatnya dulu itu paling penting menurut gue. Yes, classical piano is the basic. But I really really really hate classics tho karna peraturannya banyak banget! Jadi kalo diselipin lagu yang emang anaknya suka pasti bisa cepet. 
Dulu ada murid anak SD kelas 2 SD, anak ini jarang latihan tapi kalo dikasi lagu yang ceria dia bisa kelarin itu lagi 1-2 minggu aja (biasanya bulanan cuy untuk 1 lagu klasik). Atau ada lagi murid gue dah kerja, ga pernah main piano sama sekali tapi dia bilang pengen main lagu kayak Canon in D. Setelah belajar 3-4 bulan dasar klasik, dia bisa lho main Canon in D hahahah. Padahal asumsi orang kan "gue dah tua males mikir" but she proved it tho. Kalo ada niat pasti ada jalan kok

Nah minat ini yang menurut gue kadang guru-guru ntah malas atau ga peka. Untuk kasus murid-murid gue itu, gue bikin arrangement sendiri untuk lagu Classical for kids, Let it go, Aura Lee, bahkan Canon in D biar bisa sesuai sama gradenya mereka. Sering banget gue liat guru-guru nyomot dari internet padahal itu ga sesuai sama gradenya, jadinya anaknya malas karna terlalu susah. 

Intermezzo, setelah murid gue mainin Canon in D pas konser, ada satu guru minta sheets nya ke gue, jadilah gue taro di drive karna memang sheetsnya gue taro situ biar ga gampang ilang dan ke track. Tapi orangnya mengganggap gue ga niat ngasi karna menurut dia linknya ga bisa diakses padahal works kok :( gue tanya masalahnya malah ga dijawab, halah situnya aja yg malas.

Sekian preludenya, gue rencana pengen bikin semacam series karna kalo 1 post pasti panjang. Hope it helps! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar