Frozen II

by 06.28 0 komentar
Halo blog! Long time no see.
Jadi karna Disney+ sekarang udah release, gue akhirnya bisa nonton Frozen II lagi. Serius, Frozen itu bagus. Pertama nonton yang Frozen I gue ga nonton di bioskop dan gue menyesal. Soundtracknya bagus banget! 

Frozen II ga kalah bagus Soundtracknya. Akhirnya gue kepo nonton dokumenternya dan gile. Mereka passionate banget dengan yang dikerjakan. Bahkan songwriter untuk lagu-lagu di filmnya keliatan kalo mereka jago. Pernah gue liat pas meeting songwritersnya berasa ada didunia sendiri karna ngebayangin suara lagunya nanti akan gimana.

Okay cukup buat tentang cerita Frozen nya. Hari ini gue mau bahas soal soundtracknya. Soundtrack Frozen II menurut gue bagus, banget. Engga ada film disney yang bagus 1 film kecuali Frozen I (OF COURSE), Aladdin, dan Beauty & The Beast. Bahkan sampai sekarang gue masih suka banget sama soundtracknya Frozen II. Here we goes,

ALL IS FOUND
Ini lagu pembuka, ceritanya Lullaby yang menceritakan soal misteri Athohallan. Surprise Evan Rachel Wood sebagai pengisi suara Iduna cocok banget peranin suaranya. Menurut gue Lullaby ini agak gloomy buat lagu pengantar tidur,

SOME THINGS NEVER CHANGE
Ini lagu yang semua Castnya nyanyi. Diawali oleh Kristen Bell (Anna) dan Josh Gad (Olaf) diiringi piano aja dengan vibe santai. High notes Kristen Bell cantik banget (as comment by the songwriters). Lalu suara Jonathan Groff (Kristoff) disini juga bagus dan menurut gue suara dia enak banget! Pas liat behind the scenenya, dia ganti suara ke Sven fluently. Terus bagian Idina Menzel (Elsa) awal mulai bagiannya ada vibe Let it Go tapi terus ngeblend dengan vibe santainya tadi cuma lebih megah.

Disini seinget gue difilmnya memang lagi festive ceritanya dan makin bagus karna ada choir sekarang. Bagian favorit di ending adalah pas semua nyanyi bagian Im holding on tight to you. The best.

INTO THE UNKNOWN (ELSA)
Awal-awal cuma diiringi piano lalu strings mulai masuk. Di verse 2 strings makin keras dan bikin kesan "it will epic". Mulai masuk ke reff, DAMNNN
Gila! Thats seriously a high note dan powernya bagus banget. Gue sampai google Idina Menzel ini apakah memang penyanyi dan ternyata iya. Ga heran skill nya bagus. Mau masuk ke reff kedua, brass mulai masuk dan makin kerasa "epic"

Bagian C (i dont know what this called in lyrics term) itu keren banget saat Idina nyanyi dengan background vocalnya. Gue nonton behind the scene recording orchestranya bener2 speechless. Bagus banget.

WHEN IM OLDER
Sekarang lagunya Olaf. Seperti di film sebelumnya, lagu Olaf agak jazzy. Cuma liriknya ini relateable banget buat anak-anak yang udah mulai tumbuh bareng dari Frozen 1 ke Frozen II. I think that kids would totally relate to this song. Surprise diversi recordingnya bahkan ada teriakannya Olaf! Disini gue salut sama kemampuan Josh Gad sambil peranin suara bisa sambil nyanyi biar ga kehilangan Olafnya.

LOST IN THE WOODS
This! My favorite song after Into The Unknown. Pas gue nonton dibisokop, baru intronya gue udah ngakak. DRAMATIS ABIS. Tapi cocok sama Kristoff. Pop Ballad tahun 80an. Belum scenenya dibikin ala MV jaman dulu. Ini masih masuk list On Repeat gue. Versi Jonathan Groff terbaik karna pelafalannya kayak jaman 80an banget.

Bagian "Noth is South, Right is Left" itu ngakak di filmnya karena bener-bener kebalik! Belum ada riff gitarnya yang 80an banget ahahaha mungkin songwriternya memang dari tahun 80an jadi totally relate dengan lagu ginian.

Belum bagian C yang dibikin ala Bohemian Rhapsody dengan bayangan orang-orang.......tapi ini REINDEER. Ditengah-tengah nyasar dihutan nonton scene gini bikin ngakak tapi kasian juga si Anna LOL. Disini bener-bener bikin Jonathan Groff ini jago nyanyi dan cocok sama vibe 80an gini.

SHOW YOURSELF
Di dokumenternya, lagu ini paling lama dibikin karena bingung juga biar epic gimana ceritanya. Di awal Idina Menzel nyanyi kayak lagi ngomong dan ini cara yang bagus buat naikin mood lagunya. Perlahan mulai masuk instrumen selain piano. Bagian awal dia nyanyi "Show Yourself" itu cakep banget, lembut banget, dan bikin mesmerized kedalam film.

Saat Elsa mulai nyanyi echo nya, wah ini keren. Strings mulai masuk, piano makin cepat, lagunya udah mulai naik lagi mood nya dan bikin kita "oke bakal ada apalagi nih di lagunya". Dan iya bagian "Show Yourself" lebih powerful dari sebelumnya.

Bridge, ini mulai dialognya Elsa dengan Echo apapun itu. Strings nya disini bikin merinding! Lalu choir masuk nyanyi All is Found Reprise!! Iin terkeren. Saat Iduna nyanyi All is Found dan Elsa bales "I AM FOUND" itu keren! Lalu duet dengan Iduna ini epic banget! Songwriternya pinter untuk naikin mood lagunya.  

Banyak yang bilang Show Yourself lebih bagus dari Into the Unknown, menurut gue tetap Into the Unknown pemenangnya. Kalo Show Yourself naikin mood pelan-pelan. Into the Unknown terdengan dari awal "Ini bakal Epic". Powerful Idina Menzel disini khan maen!

THE NEXT RIGHT THING
Lagu ini agak depressing tapi ini sebenarnya bikin relate orang-orang yang lagi jatuh kedalam lubang dan gatau harus kemana lagi. Jujur gue sering skip lagu ini karena terlalu depressed abis denger sesuatu yang epic :(

INTO THE UNKNOWN (PANIC AT THE DISCO)
Ini harus banget gue bahas versi artist. Karna gue ga nyangka yang isi lagu end credit dari PATD. Gue sampai kayak.. PATD yang jaman SD gue dengerin itu? Gue salut sama Disney yang bisa sadar bahwa PATD itu kemampuan vokalnya bagus.

Awal-awal langsung suara gitar dan PATD nyanyi bagian reff. WOW HE HIT THAT NOTES. Versi PATD lebih rock tapi asik juga buat didengerin karena masih engga hilang ciri khas disneynya seperti ada strings dan brass dimana-mana. Damn yeah PATD really kill this song. Especially the reff and C part. Belum kemampuannya nyanyi bagian falset dan head voice dalam 1 phrase. Thats a technique there. Gue pun bangga band yang gue dengerin pas SD ternyata skillnya semakin bagus dan masih eksis sampai sekarang.

Sekian review soundtrack gue. Beneran, frozen memang film anak-anak tapi menurut gue Frozen II lebih mature karna mengikuti umur anak-anak yang nonton Frozen I pertama. Soundtracknya juga berkembang lebih bagus. They did a great job for this movie.

Byebye!

Farahiya (R) Adhani

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar: