040915 - A New Chapter

by 02.45 0 komentar


Hello fellas! How's life? There's something interesting about blogging, you can come back here anytime and....here i am :)

Okay! How's my life? There's a lot experience, really.  Mulai dari gue aktif jadi anak oprec (Volunteer), punya temen2 baru di kampus, punya pacar (yang akhirnya putus :( ), love life yg menurut gue unik lol, and i have my own business now.

First, mungkin kalo temen-temen yang tau gue di sekolah pas SMP/SMA pasti heran kenapa gue tiba-tiba jadi aktif sama kegiatan ini-itu. Well, karna di SMA  cap gue bisa dibilang tipe pasif yang ga pernah berkontribusi dalam acara sekolah HAHAHA.
But why now?
Karna pas gue pertama mau ikut volunteer acara Business Week, gue baca-baca CV temen-temen gue dan...

Gue shock.

CV temen gue bagian Organizational Experiencenya sampai berlembar-lembar dan ADA BANYAK BANGET. Serius deh, gue ciut banget pas baca dan menyesal kenapa gue ga pernah ikut kegiatan organisasi pas SMP/SMA dulu.

THEN

I realized that organizational experience is REALLY REALLY REALLY IMPORTANT to find a job.

That's why sekarang gue rajin banget ikut oprec, semua oprec gue kasi CV gue (tetep aja sih liat divisinya ada apa aja :p) karna istilahnya "untuk menutupi pengalaman kegiatan organisasi yang ga pernah gue dapet saat sekolah".

Dan yup, i've read something on kaskus (ya, gue aganwati), pokoknya tentang kerja-kerja gitu deh. Yang intinya :

"Percuma lo pinter kalo pengalaman lo 0".

Serasa ketampar, itu jadi cambuk juga buat gue biar ga males-malesan ikut organisasi muahahahaha.
Yang jadi masalah adalah....do i really just to be a volunteer? Yup, baru aja gue ngalamin dilema ini. Serius nih bakal ikutan volunteer terus dan ga ikut organisasi?

But yeah, i choose to be a volunteer. Why? Organisasi memang penting, tapi kalo gue banyak-banyak volunteer, pengalamannya juga bakal sama banyaknya, kan?

And now, i still searching to get a work as a volunteer outside campus. Bayangin dong jadi volunteer di Java Jazz Festival. Udah dapet tiket akses gratis, bisa ketemu artis pula, dan dapet pengalaman yang WOW banget,  Java Jazz gitu.

Tapi sayangnya gue baru tau kalo festival semacam Java Jazz Festival, Jak Japan Matsuri, IdeaFest, Ubud Writer & Readers Festival, dll itu semua ada open requirement untuk volunteer!

COUNT ME IN!

Here are some tips to be accepted in an organization :
1. Be yourself
Really, pertama gue interview gue cuma let it flow aja bodo amat dipikirannya gimana, jelasin kelebihan dan kekurangan lo yang sebenarnya, jangan dibuat-buat.
2. Be Flexible
Setiap ditanya "kalau dipindahin ke divisi ____ mau ga?" bilang aja mau! Karna itu adalah salah satu cara biar mereka tau lo orangnya fleksibel, kalo misal lo males masuk divisi perkap, bilang aja "Aku mau masuk divisi apa aja asal bukan divisi perkap", beneran deh nanti ga bakalan dimasukin ke divisi perkap kok :))
3. Jangan terpaku pada 1 divisi
Misalnya, gue suka desain dan di setiap ada open recruitmen maunya masuk divisi desain juga, ENGGA BOLEH GITU. Kita mesti isi CV kita dr divisi-divisi lain juga biar keliatan kalo kita udah punya banyak pengalaman di divisi yang lain.
4. Be prepared
Pas interview, jangan gugup. Anggep aja lo lagi di tanya sama temen sendiri, jadi jangan pernah ngerasa terintimidasi. Memang kadang ada beberapa yang rese sok galak gitu, tapi itu cuma kedok aja biar mereka tau mental kita gimana kok :)
5. Commitment
Pas interview, yakinkan interviewer kalo lo adalah orang yang berkomitmen. Hal ini ampuh sih di gue, karena itu nunjukin kalo lo bakalan "finish what you've start" dan lo ga bakalan kabur dari setiap kerjaan.

AND THEN

I realized that the most successful person is a businessman/woman. You know, sampe kapan sih betah kerja sama orang? Walaupun gaji gede juga enek kan di suruh-suruh ini-itu?
But, can we do both the volunteer/organizational experience and business in the same time? I still figure it out now, but what i realize now is that the experience that you get from volunteer/organizational experience is really helpful when doing business.

Yah, seenggaknya gue tau sistem organisasi in real life gimana HAHAHAHA

Anyway

Setelah ngeliat cv yang udah mulai keisi experiencenya, i wanna do something new. Well, karena gue orangnya cepet bosen jadi gue selalu nyoba nyari sesuatu yang baru gitu deh~ Hal itu ngebikin gue niat banget bikin brand baru yaitu Othello! Gue bikin brand ini bareng temen-temen ilegal gue, karna mereka jiwa jualan semua (namanya juga ilegal, bisnis legal/ilegal dibisnisin sama kita HAHAHAHA) dan gue juga dah punya "ikatan" sama mereka (lol ini apa yang mamanya inka bilang) jadi yaudah deh kita bikin~

Singkat cerita, ini adalah produk T-shirt khusus untuk geekers (sebutan untuk orang yang addict terhadap suatu tv series, kartun, movies, dan anime). Memang pas mulai ga gampang, malah walaupun bikin bisnis sama temen, tetep aja ada kejadian yang bikin "hnngg", tapi biasanya sih karna misscom gitu dan beneran deh,  misscom itu ngegemesin banget.

Dah, sekian! Goodbye blog! We'll meet again in another time! XOXO

Farahiya (R) Adhani

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar: